Sunday, March 24, 2013

Lebih Tau

Diposkan oleh Unknown di 12:29 AM
Dalam postingan kali ini gue akan ngebahas lebih jauh soal penyakit gue sendiri. Karena banyak orang-orang yg masih kepo dan belum terbiasa ngedenger ‘kanker jaringan lunak’. Mungkin kalo ngedenger depe suka bikin sensasi di acara infotainment udah biasa. Jadi gue mau bahas yg gak biasa aja deh!

Kemaren gue nyoba googling di internet soal kanker jaringan lunak dan infonya masih dikit-dikit gitu. Kebanyakan search resultnya tentang film SKUT, jadi berdasarkan penjelasan dokter gue, internet dan artikel-artikel dari bungkus gorengan tahu gue jadiin satu disini penjelasannya. Udah deh simak aja buat pengetahuan. Gue bikin simpel dan gak boring kok!


     A.  Kanker Jaringan Lunak
Kanker dalam pengertian secara umum adalah sel abnormal yg tumbuh diluar batas dan menyerang jaringan disekitarnya. Sel abnormal yg dimaksud itu sel yg seharusnya mati tapi masih terus membelah.

Sementara Kanker Jaringan Lunak atau istilah medisnya Rabdomiosarkoma merupakan tumor ganas yang berasal dari jaringan lunak ( soft tissue ) tubuh, termasuk jaringan otot, tendon dan connective tissue. Well, karena nyerangnya otot persendian gitu, rasanya emang nyeriiii banget! Seperti dulu awal-awal gue cerita, gue ngerasain nyeri dibelakang lutut kanan juga dibawah pantat kanan and the bad news is …THEY’RE GETTING BACK!

Gue panik! Gue takut! Gue stress! Gue nangis! Tetangga gue panen ubi! Oke. Yg terakhir gak usah diitung. Sejak Februari kemaren nyeri yg dulu gue rasain tiba-tiba kambuh. Sama kayak Farhat Abbas yg tiba-tiba nyalonin diri jadi capres. Ya gue ini kan emang belum sembuh … Masih pasien jadi wajar aja suka kumat-kumat. Jadi jangan kaget kalo besok-besok denger gue kenapa-napa.

Anyway, kanker ini bisa nyerang semua usia tapi mostly anak-anak. Ya anak genderuwo, anak setan, anak kurang ajar.


FYI, penyakit ini ganas pake buntut ‘banget’, sehingga pada saat diagnosis ditegakkan, palu diketok, gong dipukul biasanya udah terjadi metastasis luas. Ini. Gue. Banget. Waktu ditemuin, kanker gue panjangnya 19cm dan udah sampe paru-paru. Mungkin kalo gak cepet ditindak si kanker udah melalang buana sampe Garut.

Walaupun tumor ini dipercaya berasal dari sel otot primitif dari tubuh, tumor ini bisa muncul dimana aja, kecuali di jaringan tulang. Namanya juga jaringan lunak, dia gak demen sama yg keras-keras. Karena ‘bisa muncul dimana aja’ jadi ati-ati kalo lo tiarap di kolong kasur, siapa tau kankernya lagi disitu dan nyundul kepala sampe bocor. Atau kalo lo lagi manjat pohon pisang. Loh, ini gue lagi bahas kanker apa pocong sih?

Penyebabnya sendiri sampai saat ini belum jelas diketahui. Well, beberapa hal di dunia ini emang terkesan misterius kayak Limbad. Tapi pastinya ada faktor-faktor yg mempengaruhi penyebab suatu hal terjadi.

     B.  Faktor Yang Mempengaruhi
Rata-rata hampir sama kayak kanker pada umumnya.

1.    Genetik atau keturunan. Kemungkinannya ada dua, buyut-buyut lo pernah kena ATAU kakek nenek orang tua lo mengkonsumsi seperti alkohol, ngrokok, doyan nyate, pokoknya yg memicu karsinogen deh. TAPI, menurut @blogdokter faktor keturunan/genetik emang berperan but peranannya sangat kecil. Dan kalo pun memang diakibatkan oleh keturunan biasanya kanker jenis tertentu kayak payudara, kulit dan kanker usus besar.

Jujur gue tersinggung kalo ada yg nanya, “itu kenapa sih sebabnya kamu sakit? Keturunan apa gimana?”. Buat gue kedengerannya seperti lo jijik sama keluarga besar gue dan siap-siap jaga jarak kalo gue bilang ‘iya’. Mungkin dianya gak bermaksud begitu tapi hey, your words are powerful. Gue lebih suka ditanya, “kamu kenapa bisa sakit kaya gini sih?” daripada “itu gara-gara apasih?”.

2.    Pola hidup. Makan, olahraga, stress, kebersihan, seks. Jangan kira lo gaul terus nge-seks bebas dan taunya cuma raja singa dan jalan ngangkang doang. Lo juga beresiko kena kanker selain AIDS kalo gonta-ganti pasangan. Kalo tetep gimana, Fer??? Anjiiiir! Jangan tanya gue! Itu urusan lo sama doi.

TAPI, bukan berarti yg kena AIDS atau kanker serviks/prostat itu doyan nge-seks. Gue gak mau gue nulis begini terus lo jadi suudzon, imajinasi lo kemana-mana sama mereka yg kebetulan sakit begitu. Jangan nge-judge! Mungkin kalo AIDS dari donor darah, mungkin yg kanker serviks/prostat karena kebersihannya kurang. Kanker kan bisa dimana aja, remember?

Soal makan, olahraga rasanya lo udah pada ngerti. Kurang olahraga, makan-makanan ber-MSG, berpewarna yg berbahaya, bakaran, pengawet, dan lain-lain itu juga jadi faktor.


Stress berat juga iye! Karena saat stress, sel tubuh jadi sangat aktif dan itu berpotensi kanker. Yg doyan galau, jangan over ya?

3.    Lingkungan. Polusi lingkungan yg mengandung karsinogen, mungkin asap, paparan sinar UV matahari atau sinar X yg berlebih. Oiya, gue mau kasih info yg penting! Kalo lo lagi nungguin temen, sodara atau orang tua di rumah sakit terus lo numpang ke kamar mandi, tetep pake sandal jangan model nyeker ayam terutama kalo numpang pipisnya di ruang sitostatika. Kan banyak tuh mentang-mentang nungguin leha-leha di tiker atau sofa terus main nyeker. Inget! Kebersihan.

Pasien kanker yg sedang dikemoterapi kan pipisnya mengandung obat-obatan kemo. Obat-obatan kemo bahaya kalo kena orang sehat, bisa bikin kanker juga makanya petugas sitos selalu pake sarung tangan kalo megang obat kemo. Tapi kalo pasien udah gak di kemo kaya gue ini ya pipisnya sama kaya lo semua. Gak bahaya. Bahayanya kalo nyembur masuk mulut.

     C.  Pengobatan
OPER MODYAAAR! Operasi, kemoterapi dan yaaa radiasi (sumpah, ini maksa banget!). Tapi ada benernya tuh singkatan yg gue bikin. Kalo di operasi doang gak di oper ke kemo, bisa-bisa kankernya gak tuntas, parah terus modyar alias mati.

     D.  Pencegahan
Ya tinggal lo hindari aja faktor-faktor diatas kecuali soal keturunan. Lo mau ganti buyut? Ganti orang tua? Kalo bisa emang orang tua penggantinya mau gitu punya anak lo? *ehahaha*.

Rajin makan sayur dan buah sebagai anti oksidan terutama buah yg mengandung vitamin A, C, dan E, hindari kegemukan, kurangi ngerokok, alkohol. Nge-seks lah setelah menikah biar halal juga kayak wardah. Kalo jajan yg bersih, jangan jajan deket septitank.

Oke deh. Adios amigos! See ya …

Source: Kanker%20Rabdomiosarkoma%20%20%20-KANKER-.htm
Pengertian%20Kanker%20Secara%20umum%20%20%20-KANKER-.htm
Penyebab%20Kanker%20yang%20Harus%20Diwaspadai.htm

0 komentar:

Post a Comment

 

Life Afterlife Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos