Thursday, March 21, 2013

She is More Than My Mom

Diposkan oleh Ferina Aquila di 6:33 AM
Reaksi: 
Ibu, bunda, mamah, mamih, emak, enyak, atau apapun panggilan kita untuk perempuan yg melahirkan kita, adalah orang yg paling berperan dalam kehidupan kita. Dan jelas, yg paling menyayangi kita melebihi harta paling berharga di dunia ini. Karena baginya, kita dunianya. Kita lah ‘harta paling berharga’ itu. Meskipun sosok ayah juga gak kalah penting, bahkan ada beberapa anak yg malah lebih deket sama bapaknya, tapi ikatan batin antara ibu dan anak jelas lebih kuat dan beda rasanya. Ibarat tahu sama tempe, sama-sama dari kedelai tapi punya taste yg beda. Kalo tahu rasa stroberi, tempe rasa kiwi. Apa hubungannya juga gue gak ngerti.

Jadi, dulu sebelum gue sakit, jujur aja gue lebih deket sama bapak. Gue dan beliau suka ngobrolin macem-macem mulai dari ngebahas berita di TV, kegiatan gue di sekolah, hukum, politik, titik-titik, koma, tanda tanya, beh pokoknya yg berat-berat deh yg menunjukkan bahwa gue ini sebenernya patut dibanggakan beliau.


By the way, bapak itu tipe orang yg irit ngasih pujian. Satu-satunya keahlian gue bikin beliau bangga sama gue selain gue jago panco adalah lewat akademik. Gue mungkin gak sepinter temen-temen gue yg langganan ranking satu di kelas, tapi prestasi gue dari TK sampai awal kuliah kemaren cukup bikin bapak puas.

Gue masih inget waktu TK nol kecil dan nol besar gue juara satu mewarnai dua kali dan hadiahnya kaos miki mos sama kaos donal bebek. Gue inget waktu kelulusan SD gue urutan nomer lima yg dipanggil ke podium karena nilai gue termasuk tinggi dan gue liat bapak gue duduk di barisan paling depan, senyum liat gue dan beliau tepuk tangan paling keras meskipun gue bukan yg pertama.

Gue inget gue masuk SMP dengan jurnal 39 dari ratusan anak yg daftar dan dapet tawaran kelas imersi tapi gak gue ambil. Terus ada juara 1 speech contest walaupun cuma class meeting. Lalu gue lulus dengan peringkat dua di kelas dan daftar SMA dengan urutan ke-52 dari sekian banyak yg daftar. Singkat cerita gue lulus! Meskipun nama gue gak dipanggil di podium buat nerima plakat nilai ujian tertinggi, gue cukup bangga dipanggil ke atas panggung seusai acara buat beres-beres meja #lah??? Then gue daftar kampus dimana disana gue masuk kelas RSBI walau sekarang RSBI udah punah di demo masyarakat. Tapi gue lumayan terharu pas iseng buka inbox hape bapak dan ada satu SMS dari gue yg dari Agustus 2011 sampe sekarang belum bapak hapus. Isi SMS itu adalah:

Papiiiih, mba ketrima program guru rsbi :D

Gue tersenyum kecut ngebacanya. Gue kira selama ini yg gue lakukan sebagai anak belum berarti apa-apa bagi kedua orang tua gue. Ternyata dibalik ‘topeng’ cuek seorang ayah, beliau cukup bangga dengan apa yg pernah gue raih. Oh iya, bapak juga nangis loh waktu liat gue kesakitan di rumah sakit. Uwuw :') syukurlah beliau gak punya pikiran buat bekep gue di gudang.


Gue jadi inget hari-hari dulu. Hari-hari dimana gue merasa semua hal di dunia ini bisa dengan mudahnya gue capai. Gue merasa sangat sehat, sehingga begitu optimis menatap hari esok.

Lalu ketika sehat gue diambil, gue merasa jatuh, useless, gembel, karena udah gak bisa banggain bapak dengan sesuatu yg berupa penghargaan, nilai-nilai prestasi akademik. Mungkin Tuhan ingin mengajari gue bahwa hidup bukanlah tentang nilai-nilai di sekolah dan teori. Tetapi penerapannya didalam kehidupan biar kita jadi orang yg berguna.

Sejak gue sakit dan merasa ‘gagal’, gue jadi lebih deket sama ibu karena gue rasa beliau lebih ngerti apa yg gue rasain. Ibu adalah satu-satunya orang yg masih mau melihat lo, saat orang-orang mulai berpaling dari lo. Apalagi beliau yg mengurus segala keperluan gue selama gue gak bisa apa-apa. Gue jadi banyak curhat ke ibu. Bukan berarti selama sakit bapak jadi nelantarin gue kayak kucing garong, tapi yaa tau lah cowok. Agak kurang peka kalo disuruh ngerawat. Apalagi kalo ngurusin orang sakit kan harus sabar. Nah, bapak gue nunggu pop mie tiga menit aja air panas baru disiram langsung diobok-obok masuk mulut.

Banyak yg bilang gue beruntung banget punya ibu seperti ibu gue sekarang ini and yes, they’re right! That’s what I’m feeling bahkan jauh sebelum gue sakit. Ibu-ibu lain yg jenguk bilang mungkin mereka gak akan setelaten ini kalo ngerawat anaknya sakit dan mungkin mereka malah bingung harus berbuat apa makanya mereka bilang gue harus bersyukur.

My mom is my angel. Beliau selalu berusaha menjaga gue. Meskipun kalo ngingetin gue minum obat caranya ngeselin, tapi semata-mata itu demi kesembuhan gue. Nyebelin, tapi gak bisa dibenci


She is my wonder woman. Hebatnya ibu gue adalah beliau gak pernah keteteran antara ngurusin rumah, kedua anak dan suaminya, serta pekerjaan kantor. Ibu masih sempet masak dan bikin jus biar orang-orang rumah kesehatannya terjaga.

She is my bestfriend. Selalu jadi tempat gue bercerita entah itu keluhan, tangis air mata, takut, atau pun tawa yg gak bisa gue bagi ke orang lain.

Ibu adalah malaikat terindah yg Tuhan kasih buat gue. She is more than my mother. She is my angel, my hero, and my bestfriend. And I’m thankful for having her.

0 komentar:

Post a Comment

 

Life Afterlife Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos