Saturday, January 12, 2013

About Me Part 2

Diposkan oleh Unknown di 7:19 AM
Kanker Jaringan Lunak Part 2
Apa yg ada dibayangan kalian kalo denger kata “kemoterapi”? Apakah sejenis ketan lemper? Kalo bayangan gue sih kita bakal disinar gitu. Ternyata nggak! Kemoterapi yg gue jalanin ini lewat infus dan pake alat infus pump gitu. Kemoterapi berguna untuk membabat habis sel-sel kanker yg ada pada tubuh pasien. Gue gak gitu hafal nama-nama obat kemoterapi gue tapi yg gue inget banget itu ada yg namanya Paloxi karena sering disebut.

Alat Pump Infuse

Gue akhirnya cuti kuliah dan menjalani program kemoterapi. Gue dapet 6 paket program kemoterapi. Sebulan sekali dan menghabiskan waktu 3 hari opnam disana. Kedengarannya gak lama 3 hari itu. Tapi efek mual dari kemoterapi bikin gue berasa di neraka dan jam-jam berjalan sangaaaat lambat. Gue pengen cepet pulang!

Dirumah, ibu juga rajin bikin air rebusan daun sirsak. Kadang bapak maksa gue nyobain obat-obat yg aneh. Pernah beliau nyuruh gue minum sirup yg terbuat dari obat merah … Eh, nggg buah merah. Rasanya, double EW!! Kayak minyak gitu.

Gue baca label sirupnya, katanya buat kanker. Trus gue juga baca di buku khasiat buah sirsak yg dibeli ibu baru-baru ini, air rebusan daun sirsak itu buat nyembuhin kanker. Gue mulai curiga. Jangan-jangan gue ini sebenernya kena kanker.

Gue inget waktu gue habis dioperasi terus kedua orangtua gue dipanggil ke ruangan dokter, pas mereka balik air muka mereka beda. Ibu jelas banget habis nangis tapi gue memilih pura-pura gak tau saat itu.

Hari itu gue lagi dirumah nonton film “Surat Kecil Untuk Tuhan” yg kebetulan lagi tayang di televisi. Pas jeda iklan, gue iseng nanya ke ibu. “Bu, mba ini sakit kanker ya?”. Eh, diluar dugaan nyokap santai banget jawabnya. “Iya”. Gubrak! Mungkin beliau udah gak setegang dulu waktu mau ngasih tau gue, apalagi ini bulan kedua gue kemo.

Film Surat Kecil Untuk Tuhan

“Haaah? Kenapa gak bilang dari dulu? Kanker apa? Stadium berapa?”, tanya gue was-was. Siapa tau kankernya merembet ke otak karena kadang gue merasa tidak waras setiap dua jam sekali.

“Enggak tau, namanya susah gitu. Udah stadium 4”, jawab ibu yg tengah sibuk mengerjakan tugas kantornya. Gue diem. Mata gue terarah ke TV yg saat itu memutar adegan Keke tengah kesakitan dengan benjolan di wajahnya. “Semoga bukan kanker seperti itu ya, Bu”, ujar gue miris.

***

Gue baru saja menuntaskan kemo ke-4 gue dan gue baru di scan. Hasilnya memuaskan! Kanker gue yg tadinya 19cm jadi 8cm. Alhamdulillah :). Rasa sakit yg dulu gue derita pun berkurang. Dan pertanyaan atas kanker apa yg tengah gue derita terjawab saat perawat ngasih kertas yg harus dibawa untuk mengurus administrasi. Disana tertulis nama gue dan “Soft Tissue Sarchoma” yg artinya Kanker Jaringan Lunak.

Great! Berarti gue orang kedua setelah Keke yg mengalami kanker ini. Bedanya, kalo Keke di wajah dan benjolannya menonjol keluar, gue sebaliknya. Kanker gue bersarang di perut bawah dan benjolannya ke dalam tubuh. Jadi mengganggu organ dalam sehingga aktivitas pipis, pup, menstruasi dan berjalan gue terganggu. Secara fisik I look alright but inside, I’m dying.


Looks fine but dying inside

Tapi melihat hasil scan tadi, gue optimis gue sembuh. Sampai akhirnya hasil scan keluar saat program kemo ke-6 gue tuntas, dan hasilnya … That cancer still there :(. Masih 8cm. I hope cancer just the name of zodiac but it isn’t.

Saat itu rasanya gue berharap pengen mati aja. Gue ngerasa sia-sia, hopeless, dan gak tau musti ngapain lagi. Atas saran dari dokter gue pun istirahat kurang lebih selama sebulan dirumah.

Before go home

Next check up, dr. Suharti menyarankan gue untuk menjalankan 2 paket kemoterapi tambahan. Karena pembuluh darah tangan gue udah keras buat di tusuk jarum infus, maka pada tanggal 3 Oktober 2012 gue dipasang infus kateter jantung di dada, dan operasi kecil itu random banget karena gue dioperasi di lorong kamar operasi gara-gara nanggung -_____- ya sih emang nanggung banget kalo masuk ruang operasi karena nyatanya pemasangan kateter dada itu gak ada 10 menit.

Kemoterapi berjalan lancar tapi gak tau kenapa, setiap selesai kemo sampai dirumah besoknya gue menggigil hebat. Setelah itu demam tinggi sampai 40°C. Saat dicek laborat ternyata leukosit gue 0,2 dan trombosit gue cuma 2000. Jauuuh di bawah normal. Karena takut gue pendarahan, ibu segera membawa gue ke Semarang.

Sampai disana gue masuk ruang steril dan di donor trombosit serta disuntik obat Granosit biar leukosit gue normal. Kemo berikutnya terulang lagi kayak gitu. Setiap gue menggigil, gue mengigau. Untungnya gue gak nyembunyiin apa-apa dari orangtua gue jadi pas gue ngigau kayak orang mabok gue aman-aman aja.

Setiap gue demam, ada kalanya rasanya mata gue berat banget seakan mau tertutup. Biasanya saat itu terjadi, gue mati-matian berusaha terjaga. Gue takut saat gue terbangun nanti, gue berada ditempat yg berbeda. Dalam hati gue lantunkan dzikir dan doa berharap gue bakal baik-baik saja.

Setelah program kemo lanjutan selesai, gue kembali di scan dan masya Allah, teteeep kankernya 8cm. Kali ini gue menghela nafas dengan lapang dada. Yaudah sih kalo memang kenyataannya Tuhan ingin gue hidup bersama kanker ini. Toh gak sia-sia juga gue kemo. Gue gak merasa sakit lagi kayak dulu.

Akhirnya untuk sementara ini gue ke rumah sakit sebulan sekali untuk infus obat Zometa, biar tulang gue gak keropos gara-gara kemo. Dan tanggal 16 Januari 2013 nanti bulan kedua gue diinfus tulang. Well, jadi gitu cerita tentang kanker yg gue alamin. Doakan yg terbaik aja deh buat gue :)

Anyway, lo jangan pada ngasihanin gue. Walau seorang pesakitan kanker, gue ini gak se-sekarat yg lo bayangin meski udah stadium 4. Gue masih bisa pecicilan and I thanked to God for blessing me so much ‘till now <3. Cheers :DD

6 komentar:

Unknown on January 13, 2013 at 9:26 AM said...

Tetap Semangat Kawan.. :D

Optimis Pnyakit ni akan Sembuh..amin..:)

jujur nyampe ga sdar kalo Air Mata ni mengalir saat baca Postingan Ni..:')

Anonymous said...

semangat dek :)
cepet sembuh ya, d3 udah kangen sama kamu :)

Unknown on January 17, 2013 at 4:13 AM said...

makasih yaaa :DD

Unknown on January 22, 2013 at 8:51 PM said...

alumni smansawi juga yaa?
tetep semangat yaaa, semoga lekas sembuh...
semangat buat sembuh adalah obat yg paling mujarab untuk semua penyakit....

herwinkurniawati on January 25, 2013 at 8:27 AM said...

Semangat feR,inget pas kamu ninju orang, bilangnya," habis dia duluan yang mukul duluan", haha

Unknown on January 29, 2013 at 2:16 AM said...

@fahmi: iya makasih banyak :)) amin hehe

@mb herwin: hahaha, mb herwiiin ..ini aku lg nntn anak2 latihan inkai d smansa. kangen latihan, kangen ninju orang pas komite :DD

Post a Comment

 

Life Afterlife Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos