Tuesday, February 19, 2013

Never in Neverland

Diposkan oleh Ferina Aquila di 1:39 AM
Reaksi: 
0 komentar

Gue tengah mengelap ingus gue yg bercucuran malam itu. Beler. Sesekali juga gue ngusap air mata gue yg turun tanpa diminta. Harusnya gue gak perlu ngelakuin hal sia-sia kayak gitu karena air mata ini tetep deras mengalir, gak berhenti. Iya gue nangis. Iya gue patah hati. Dan enggak, gue gak di tolak mamang yg dagang gorengan bongkrek di depan.

Gue ini sebenernya orangnya simpel dan gampang. Gampang naksir dan gampang move on. Tapi lain lagi kalo udah cinta. Dan lain lagi kalo kondisinya lo sedang terpuruk.


Selama 15 bulan gue sakit, selama itu pula gue menjomblo. Bukannya gue gak laku. Gue cuma kurang cantik aja ._____. Kebetulan sebelum gue sakit, gue putus sama cowok gue karena gue mau konsen kuliah. Punya pacar jaman ngampus semester baru tuh ribet! Musti tunggu-tungguan jam kuliah padahal banyak laporan yg musti dikerjain. Urusan makan, hari ini makan dia bayarin gue. Besoknya gue bayarin dia. Iya kalo pas gue ketiban warteg. Kalo giliran gue pas ketiban ala ala resto??? Anak kos kan duitnya dijatah gak seberapa. Belum serangan SMS, telfon pas waktunya belajar. Telat bales SMS curiga. Telat angkat telfon suudzon. Telat angkat gorengan apalagi. Belum kuliah umum di fakultas lain yg subhanallah cowoknya ehem-ehem banget. Karena lebih banyak mudharatnya itu maka dengan bijak gue ambil keputusan “kita-temenan-dulu-aja-ya”.

Setelah putus gue makin on fire dalam menghadapi hari-hari perkuliahan. Tapi baru sebentar gue jalani, nasib berkata lain. Malang tak dapat ditolak karena si Malang maksa. Jadilah gue sakit. Selama gue sakit dan menjalani kemo, ada dua cowok yg deketin gue. Dua-duanya temen SMP dan SMA gue. Nah lo, yg satu SMP dan satu SMA sama gue pasti penasaran siapa gerangan dua lekong yg kemungkinan terserang rabun karena bisa-bisanya naksir gue. Ya pokoknya ada deh.

Jujur gue gak bisa membuka hati disaat seperti ini karena waktunya gak tepat. Masih banyak yg perlu gue pikirin selain pacaran. Tentang pengobatan gue, nasib kuliah gue, keuangan yg lagi morat-marit. Apalagi menurut gue mereka berdua terlalu berlebihan. Karena gue lagi sakit, mereka sebisa mungkin memperhatikan gue dengan menghujani gue perhatian sampai gue harus pake payung kemana-mana kayak dakocan takut item. Kalo hujan saweran sih gak papa. Saking pengennya merhatiin gue dengan sering ngirim SMS dan telfon, mereka lupa satu hal yg harus orang sakit lakuin: ISTIRAHAT. Jam istirahat gue bolak balik ke ganggu karena hape gue gak capek muter ringtone-nya Kery Patty. Nggg, Katy Perry. Untung cuma ringtone, coba kalo penyanyi aslinya nyanyi setiap hape gue ada SMS/telfon masuk, bisa-bisa dia milih banting setir jadi tukang es cendol depan SD.

Singkat cerita, gue pun gak pernah nanggepin mereka lagi dan secara tidak langsung mereka gue tolak. End.

Gue pernah baca di buku #RadioGalauFM, ada dua kesalahan yg sering dilakukan oleh cinta. Pertama, membawa orang yg benar pada waktu yg tidak tepat. Kedua, cinta datang pada waktu yg benar tapi membawa orang yg tidak tepat.


Gue rasa cerita diatas tadi sudah menjelaskan yg pertama. Sekarang yg kedua. Yg bikin gue nangis sesenggukan kali ini. Hiks!

Karena keadaan gue sekarang udah jauh lebih baik, gue rasa ini saat yg tepat bagi gue untuk ngebuka hati gue lagi. Gue bersyukur hati gue belum expired ditinggal ngejomblo 15 bulan dan masih layak pakai.

Ada dua cowok juga. Yg pertama si H. Gue kenal dia di facebook karena dia temen kampus temen gue di Jogja. Dia yg mulai nge-add dan nge-chat gue duluan. Dari awal kita ngobrol, kita seru-seru aja dan nyambung-nyambung aja. Kita ngobrolin banyak hal dari yg membutuhkan analisis tingkat tinggi kayak kenapa kita nggak boleh kawin sama onta, kenapa kumis bapak gue gak bisa setebel pager kabupaten sampai dimana dia tiba di pertanyaan mematikan: kamu kuliahnya gimana?

Kalo lo udah baca postingan gue yg judulnya “How I Tell Them?” lo pasti tau gimana galaunya gue ngejawab pertanyaan orang-orang tentang kehidupan kampus gue. Karena gue gak mau berbelit-belit sama kebohongan, jadi gue jawab jujur aja gue lagi sakit. Gue harap setelah gue jujur kita bakal tetep deket. Tentu aja ini cuma harapan gue dalam hati, gue gak berani ngomong langsung.

Seperti yg udah gue duga dan gue takutkan, dia jadi agak ngejauh dari gue. Kita yg dulunya ngobrol kosong sekarang seperlunya aja. Dia bales sekedar untuk menghargai gue. Gak enak sama gue. Jujur aja, rasanya ditolak karena ketidaksempurnaan lo itu lebih sakit. Gak kayak di film-film di bioskop yg selama ini gue tonton. Ceweknya sakit terus ada cowok maha cakep yg mau nerima si cewek apa adanya. Gregetan gue nontonnya. Rasanya layar bioskop pengen gue gigit. Miris.


 
Gue ngalamin kejadian kayak gitu dua kali. Sama si H dan si T. Karena udah dua kali gue jujur dan responnya jelek gue sempat berpikir, “harusnya gue gak perlu ngomong gue sakit”. Pas gue cerita sama ibu, beliau bilang, “kamu udah bener. Lebih baik jujur dari awal, kalo kamu gak jujur terus kalian pacaran, akhirnya dia tau kamu sakit dari temennya gimana? Terus dia ninggalin kamu pas kamunya udah sayang? Malah lebih sakit. Yaudahlah, temenan dulu aja sekarang”. Gue cuma bisa bales senyum getir.

Sementara kalo kata temen gue, “yaudah! Berarti cowok itu gak baik buat kamu. Maunya senengnya aja. Kita kan pacaran buat lanjut ke pernikahan. Dan di rumah tangga gak selalu seneng-seneng aja, ada susahnya. Kalo dia gak bisa nerima susahnya kamu dari sekarang, just forget him! You waste your time by crying of him! Lagian di dunia ini gak ada yg perfek, emang tuh cowok perfek?”, papar temen gue emosi. Mukanya merah padam kayak pantat babon saking gak terimanya dia.

Malam itu sehabis sholat isya’, gue berdoa sama Tuhan. Gue minta sama Dia suatu hari gue akan menemukan cowok yg menerima gue apa adanya bukan karena kasihan. Tapi karena dia benar-benar mencintai gue. Dan gue juga mencintai dia. Dan gue berterima kasih karena Dia telah menunjukkan sama gue dari awal bahwa cowok-cowok tadi gak baik untuk gue.

Kenyataan memang gak seindah cerita dongeng atau FTV. Kadang gue berkhayal seandainya gue tinggal di Neverland dimana cewek biasa kayak kita bisa ndapetin pangeran yg bikin iman gak kuat. Endingnya ketebak banget: happily ever after. Bahagia selama-lamanya. Sayangnya seperti namanya, Neverland, negeri itu gak pernah ada.

Monday, February 11, 2013

Midnight Poem

Diposkan oleh Ferina Aquila di 2:56 AM
Reaksi: 
0 komentar

Gue lagi iseng baca diary gue dulu waktu gue masih merasakan sakit maha-dahsyat sebelum gue di kemoterapi. Kebanyakan isinya sumpah serapah yaaa~ hahaha! Kalo buku harian ini dibaca anak dibawah umur mungkin dia ngira itu buku absen satwa liar di Afrika. Dan kalo bener-bener dibaca, sungguhlah anak tersebut memiliki perbendaharaan kosa kata kasar terbanyak sepanjang sejarah anak-anak.

Diantara lembaran caci maki dan ungkapan rasa sakit yg tumpah, gue menemukan secarik puisi dalam bahasa Inggris yg pernah gue tulis. Gue ini gak pinter merangkai kata-kata indah pake bahasa Indonesia. Jadi waktu itu gue sengaja bikinnya in English biar ketutup betapa payahnya gue bikin puisi pake bahasa Indonesia. So, this is it! Midnight poem by Ferina Aquila.

Midnight Poem
By: Ferina Aquila

When night comes and covers the sky with its darkness
When all doors are closed
and lamps turned off
When people getting sink into their dreams
Their beautiful dreams ...
Here i am ...
Lying on my bed with my eyes open and whispering into my self
‘why?’

Why this happens to me?
Why i have to feel pain more than others feel?
Why everything seem so blur?

Everyone starts gone slowly one by one ...
No ‘goodbye’ word spoken because they just leave ...
They don’t know how much i need them
They don’t know i can’t stand the pain alone
I’m fallen into the worst nightmare i wish i never face it
My dreams get burn and i can’t see the future
By now, everything won’t be as good as yesterday

Deep in my heart, i miss ‘the old me’
I miss my old life where there was more laugh than tears
Where i can catch up my dream
Where i can stand by myself without anyone helps
And i miss my freedom for doing anything i like

I wish i could go back to my past
To fix anything i can fix
To do anything i haven’t do yet
Because this is so tragic
I guess i’m getting mad by the torture
and i wanna die right now ...

Makan Apa???

Diposkan oleh Ferina Aquila di 1:36 AM
Reaksi: 
0 komentar
Makan apa makan apa makan apa sekarang ...
Sekarang makan gemblong gemblong tekek sekarang ...

Sambil berusaha nyelesein lirik terakhir lagu yg munculnya dari bangsa penguin Vietnam itu gue gelagepan nyari air putih. Emang gemblong tekek bikin seret kerongkongan. Sama seretnya kayak dompet gue yg cuma mampu beli jajanan ini. Gue lagi asik ngorek-ngorek gigi pake linggis, siapa tau ada kupon berhadiah mobil yg nyelip disitu saat HP gue bunyi tanda SMS masuk. Tit .. titt! Tit ...titt! Errr~ bunyinya random banget. Seperti kata benda milik pria yg haram disebutkan.

From: 08xxxxxxxxxxxx

Mper, aku mau ksitu. Km mau dbwain ap?

Gue baca sms itu sambil garuk-garuk pantat. Bingung. Gue sebelumnya pernah ditanya begitu dan gue bales: “omaigood! Gausah repot-repot. Bawain power bank sama wig baru aja. Lagi butuh nih”, tapi yg ada gue malah ditampol pake sendok semen di depan pintu. Pas gue protes dia cuma bilang, “oh? Habis balesan smsnya minta dihajar banget sih”.
Karena gak mau kali ini digampar batako, jadi gue bales simpel aja. “Terserah”. Mau dibawain cumi goreng kek, sendal dikecapin, tanduk banteng dari Madagaskar, whatever yg penting ikhlas dan mampu dianya. Selang dua menit, gempa 0.67 skala Ritcher menggetarkan HP gue. Kali ini ringtone mesum tadi gue matiin. SMS lagi.

Km bolehnya mkan ap?

Kening gue berkerut merut kayak jeruk purut tua. Mikir. “Nggg, pokoknya non-MSG dan pewarna”.

Kalo pedes boleh?

“Boleh”.

Serius?

*mulai emosi* “IYEEEE!! Ini kanker bukan tipes”.

Hehehe, oke

Lalu adu bacot itu pun selesai.

Bagi beberapa penyakit seperti kanker, maag dan tipes emang ada pantangan makanan yg gak boleh dilanggar. Kalo lagi sama temen-temen entah pas lagi dijengukin atau diajak makan bareng, gak jarang gue ditanyain kamu-gak-boleh-makan-apa-aja-per-?. Ya standar aja sih seperti yg lo udah pada tau. MSG, pengawet, pewarna, bakaran, itu sebaiknya jangan. Kalo disebutin contohnya ya banyak juga macemnya. MSG tuh kayak kuah bakso, ciki, olos. Masakan-masakan warung kan biasanya pake MSG gitu ya? Beda sama masakan rumah yg pake rempah-rempah asli gitu. Terus pengawet kayak mi instan, nugget. Pewarna kayak bumbu merah-merah yg di keripik, atau es cendol yg gak sehat. Bakaran ya sate, barbeque, dan sampah yg tengah dibakar pak kebon.


Ngomong-ngomong soal pantangan makanan, waktu gue opnam gue pernah didatengin ahli gizi gitu. Dan menurut gue saran dari dia rada gak masuk akal, aneh dan ...nyebelin! Dari yg gue dibatesin gak boleh makan kayak diatas tadi, gue makin dibatesin dengan gak boleh makan ragi-ragian kayak tempe, roti dan hasil fermentasi kayak yoghurt. Gue juga gak boleh ngunyah dupa klenteng dan makanin abu orang mati. Gue meradang. Rasanya gue pengen jeblokin kepala gue ke tiang infus saking frustasinya. Terus gue makan apaaaaa???!! Sayur mulu kapan gendutnyaaaa???! Katanya 4 sehat 5 sempurna, ini dimana sehat sempurnanyaaaaa????

Karena bete, gue curhat sama si Embul, embek peliharaan tetangga gue. “Mbul, nista banget gue gak boleh makan ini itu. Katanya gue disuruh nyoba jadi vegetarian kayak lu, Mbul”. Dengan bangganya Embul menjawab, “Embeee! Jadi vegetarian tuh bagus lagi. Lihat nih gue, sehat. Bebas penyakit. Embeee!”. Besoknya, Embul diseret ke masjid buat disembeleh. Dagingnya akan dibagikan untuk para fakir dan anak yatim. Kelewat sehat -_______-. Dari kematian Embul gue jadi bisa ngambil hikmahnya. Kalo gue jadi vegetarian dan gue adalah hewan, gue mau milih jadi jerapah aja. Biar gak di sate. 

Padahal kalo kata dokter gue sih gue bebas makan apa aja selain yg diatas tadi. Karena dokter gue gelarnya udah PhD di Belanda jadi gue milih percaya kata dokter gue aja. Makan roti tetep boyeeeh! Horeee ...

Sayangnya, kalo dirumah ibu suka bikin peraturan sendiri. Pengen steak, gak boleh. Mau duren, haromah. Padahal dokter bilang gak masalah kok! Kecuali steaknya mengandung beling, terus gue makan durennya dicelupin ke formalin. Yaaa siapa juga yg mau makan begituan. Emang gue atlit debus makanin beling?

Lain ibu, lain lagi temen-temen gue. Temen-temen gue itu suka over protektif soal makanan ke gue. Gue lagi makan pecel, dicekin ada pewarnanya nggak. Siapa tau pecelnya warna merah-kuning-ijo khas lesehan lampu merah. Tukang masaknya juga ditanyain, “Ini masaknya pake penyedap rasa gak, mas? Ah, masa?? Ciyus? Miapah? Hihihi, bagi nomer hape dong mas”. Kalo yg rada frontal, “Jangan bohong! Dimacem-macemin gak pecelnya? Temen saya lagi sakit soalnya. Kalo gitu buat jaminan situ sumpah pocong sekarang dan sumpah dibawah Al Qur’an. Bahwa anda tidak menggunakan zat berbahaya dalam memasak pecel. Anda akan dihukum berat kalau terbukti melanggar undang-undang tentang konsumen! Semuanya, Al Faaatehah!”.

Gue makan es krim pun, diliatin itu es krimnya dibekuin atau dibakar dulu baru dibekuin. Iya sih mereka cuma khawatir gue kenapa-napa tapi ...nggak segitunya juga T_T. Gue ini kan udah gede. Bisa bedain mana yg boleh dan gak boleh gue makan. Mereka cukup ngingetin kalo gue khilaf aja. Contohnya makan ayam dua porsi. Bukan karena habis makan ayam dua porsi itu terus ntar gue kenapa-napa, tapi dompet gue yg bakal kenapa-napa karena isinya gak seberapa buat bayar ayam dua porsi.

Walaupun suka over protektif, gue bersyukur sampe saat ini mereka gak pernah mau repot-repot meriksain segala yg mau gue makan sampe ke tingkat laboratorium. Khususnya laboratorium matematika. Bukannya ketemu MSG atau pengawet malah ketemu x yg nilainya tidak sama dengan y dimana bentuk persamaan umum lingkaran adalah: x2 + y2 + Ax + By + C = 0.

Pernah waktu itu gue ke Tegal bareng Ossa, Nanik, sama Uke. Pas nyampe di tempat makan, mendadak gue lemes dan agak pusing. Gue memang belum sarapan hari itu dan gue baru selesai kemo dua hari lalu. Karena merasa gak enak, gue buru-buru pesen makanan. Kebetulan disitu cuma sisa nugget dan mie. Pas gue pesen mie, Nanik yg cerewet langsung nyerobot, “JANGAN! Kamu gak boleh makan itu!”, lalu dia ngerebut buku menu dari gue. “Nugget aja deh nugget”, Ossa nyumbang suara. “Hee, emang mper boleh makan itu?”, samber Uke nyolot.

“Aduh, buruan. Laper”, gue memelas sambil megangin perut. Gue udah keringet dingin tapi mereka bertiga masih aja debat gue mau dikasih makan apa. Kalo buat gue sih ya, toh namanya darurat, gak ada makanan lain ya terpaksa itu dulu kan gak papa. Yang penting perut diisi. Tapi karena over protektif tadi dan gak mau gue melanggar pantangan mereka jadi kelamaan ngambil keputusan apakah gue akan dikasih makan ban serep mobilnya Ossa, atau makan makanan yg ada disitu. Gue pun pingsan dengan kepala tiduran di meja.

Gue gak inget apa-apa lagi disitu. Pas gue bangun gue tengah digendong orang yg punya kafe. Didepan gue Ossa lari-lari ke mobil buru-buru nyalain mesin, sementara di samping gue Nanik sama Uke ikutan lari bawa makanan yg dibungkus dan tas gue. Sejenak, gue ngerasa jadi peserta lomba lari. Bedanya, gue peserta yg K.O. duluan dan sedang digotong tim medis. Untungnya kita pake mobil. Gak kebayang kalo kita kesitu tadi naik motor. Mungkin gue udah dibecakin dari Tegal sampe rumah dengan mamang becak yg tepar karena betisnya sebelas dua belas sama kaki gajah Afrika.

Well, segala yg over termasuk over protektif emang gak baik. Maksud hati pengen gue gak kenapa-napa, tapi jadinya malah kenapa-napa. Salah gue juga sih gak sarapan, salah gue juga salah milih tempat makan. Intinya gini sih, sebisa mungkin gue menghindari MSG, pengawet, pewarna, dan bakaran. Kalo dengan sangat-sangat terpaksa adanya cuma itu ya apa boleh buat selama gak sering-sering. Simpel kan? Gausah dibikin pusing. Karena kebanyakan pada mikirnya, kalo adanya tinggal itu ya berarti gue gak usah makan. Pffft~ enak aja! Babi hutan aja butuh makan, apalagi gue.


 Buat lo semua yg alhamdulillah wa syukurilah dalam keadaan sehat, gue mohon banget pola makannya dijaga terus rajin olahraga. Kalo tipe makanan lo kebanyakan mie, burger, gorengan, bakaran, yg agak gak sehat gitu deh pokoknya, lo harus imbangin dengan banyak minum air putih, jus dan sayur buat anti oksidannya. Gue ngomong gini karena gue care sama lo semua. Gak peduli yg lagi baca apakah musuh buyut gue atau bukan. GUE GAK MAU DAN JANGAN SAMPE beberapa tahun lagi gantian gue yg jengukin lo satu persatu.

Dan jangan pernah berpikir, “Ah, gue jarang sakit ini kok! Daya tahan tubuh gue kan kuat”. Justru yg jarang banget sakit harus lebih hati-hati. Liat Keke. Liat gue. Kita berdua hampir gak pernah sakit. Banter-banter pilek. Sekalinya sakit, kanker. Dan kata mereka saat denger gue kanker adalah, “Masa sih Ferina kanker? Perasaan dia anaknya aktif deh. Periang. Sehat-sehat aja! Dia kan jarang banget sakit”.

Gue gak ada niat nakut-nakutin. Gue cuma pengen ngingetin, dunia bener-bener berputar. Hari ini lo sehat, bisa jadi besok lo sakit. Lo gak bisa menghentikan perputaran roda kehidupan, TAPI lo bisa memperkecil kemungkinannya dengan pola hidup sehat. Kalo lo cerdas, lo bisa ambil pelajaran dari apa yg gue alami. Jangan sampe lo benturin diri lo sendiri. Sakit dulu baru bilang, “Oh iya yah! Gini rasanya kanker”. Telaaat! Gue juga bego gak ngambil pelajaran dari orang yg kena kanker sewaktu gue sehat. Dan gue nyesel. Tapi gak papa, biar gue jadi contoh bagi orang sehat agar lo semua gak mengulangi kesalahan gue.

Anyway, ada loh temen gue yg gue bilangin malah blak-blakan bilang, “Lah bodo amat deh makanannya mau sehat mau enggak. Yg penting enak, doyan terus aku suka. Lagian males olahraga. Gak sempet”. Well, mungkin warisan dia banyak jadi kalo kena kanker dia langsung cabut ke Singapur atau Amerika terus sembuh. Gak kayak gue, warisan cuma sepetak kebun terong. Buat ndapetin kata ‘sehat’ aja empot-empotan banget. Buat yg menganggap angin lalu kata-kata ‘sehat itu mahal’, mending mulai sekarang jangan lagi dianggep angin lalu. Karena sehat itu ... BENER-BENER MAHHHHHHAAALLLLL!! Akan jauh lebih baik lo mencegah daripada mengobati. Jadi yg warisannya banyak, anak cucu ntar kebagian. Yang pas-pasan, lo gak perlu utang sana sini buat berobat. 

Salam kuliner!
 

Life Afterlife Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos