Monday, February 11, 2013

Makan Apa???

Diposkan oleh Ferina Aquila di 1:36 AM
Reaksi: 
Makan apa makan apa makan apa sekarang ...
Sekarang makan gemblong gemblong tekek sekarang ...

Sambil berusaha nyelesein lirik terakhir lagu yg munculnya dari bangsa penguin Vietnam itu gue gelagepan nyari air putih. Emang gemblong tekek bikin seret kerongkongan. Sama seretnya kayak dompet gue yg cuma mampu beli jajanan ini. Gue lagi asik ngorek-ngorek gigi pake linggis, siapa tau ada kupon berhadiah mobil yg nyelip disitu saat HP gue bunyi tanda SMS masuk. Tit .. titt! Tit ...titt! Errr~ bunyinya random banget. Seperti kata benda milik pria yg haram disebutkan.

From: 08xxxxxxxxxxxx

Mper, aku mau ksitu. Km mau dbwain ap?

Gue baca sms itu sambil garuk-garuk pantat. Bingung. Gue sebelumnya pernah ditanya begitu dan gue bales: “omaigood! Gausah repot-repot. Bawain power bank sama wig baru aja. Lagi butuh nih”, tapi yg ada gue malah ditampol pake sendok semen di depan pintu. Pas gue protes dia cuma bilang, “oh? Habis balesan smsnya minta dihajar banget sih”.
Karena gak mau kali ini digampar batako, jadi gue bales simpel aja. “Terserah”. Mau dibawain cumi goreng kek, sendal dikecapin, tanduk banteng dari Madagaskar, whatever yg penting ikhlas dan mampu dianya. Selang dua menit, gempa 0.67 skala Ritcher menggetarkan HP gue. Kali ini ringtone mesum tadi gue matiin. SMS lagi.

Km bolehnya mkan ap?

Kening gue berkerut merut kayak jeruk purut tua. Mikir. “Nggg, pokoknya non-MSG dan pewarna”.

Kalo pedes boleh?

“Boleh”.

Serius?

*mulai emosi* “IYEEEE!! Ini kanker bukan tipes”.

Hehehe, oke

Lalu adu bacot itu pun selesai.

Bagi beberapa penyakit seperti kanker, maag dan tipes emang ada pantangan makanan yg gak boleh dilanggar. Kalo lagi sama temen-temen entah pas lagi dijengukin atau diajak makan bareng, gak jarang gue ditanyain kamu-gak-boleh-makan-apa-aja-per-?. Ya standar aja sih seperti yg lo udah pada tau. MSG, pengawet, pewarna, bakaran, itu sebaiknya jangan. Kalo disebutin contohnya ya banyak juga macemnya. MSG tuh kayak kuah bakso, ciki, olos. Masakan-masakan warung kan biasanya pake MSG gitu ya? Beda sama masakan rumah yg pake rempah-rempah asli gitu. Terus pengawet kayak mi instan, nugget. Pewarna kayak bumbu merah-merah yg di keripik, atau es cendol yg gak sehat. Bakaran ya sate, barbeque, dan sampah yg tengah dibakar pak kebon.


Ngomong-ngomong soal pantangan makanan, waktu gue opnam gue pernah didatengin ahli gizi gitu. Dan menurut gue saran dari dia rada gak masuk akal, aneh dan ...nyebelin! Dari yg gue dibatesin gak boleh makan kayak diatas tadi, gue makin dibatesin dengan gak boleh makan ragi-ragian kayak tempe, roti dan hasil fermentasi kayak yoghurt. Gue juga gak boleh ngunyah dupa klenteng dan makanin abu orang mati. Gue meradang. Rasanya gue pengen jeblokin kepala gue ke tiang infus saking frustasinya. Terus gue makan apaaaaa???!! Sayur mulu kapan gendutnyaaaa???! Katanya 4 sehat 5 sempurna, ini dimana sehat sempurnanyaaaaa????

Karena bete, gue curhat sama si Embul, embek peliharaan tetangga gue. “Mbul, nista banget gue gak boleh makan ini itu. Katanya gue disuruh nyoba jadi vegetarian kayak lu, Mbul”. Dengan bangganya Embul menjawab, “Embeee! Jadi vegetarian tuh bagus lagi. Lihat nih gue, sehat. Bebas penyakit. Embeee!”. Besoknya, Embul diseret ke masjid buat disembeleh. Dagingnya akan dibagikan untuk para fakir dan anak yatim. Kelewat sehat -_______-. Dari kematian Embul gue jadi bisa ngambil hikmahnya. Kalo gue jadi vegetarian dan gue adalah hewan, gue mau milih jadi jerapah aja. Biar gak di sate. 

Padahal kalo kata dokter gue sih gue bebas makan apa aja selain yg diatas tadi. Karena dokter gue gelarnya udah PhD di Belanda jadi gue milih percaya kata dokter gue aja. Makan roti tetep boyeeeh! Horeee ...

Sayangnya, kalo dirumah ibu suka bikin peraturan sendiri. Pengen steak, gak boleh. Mau duren, haromah. Padahal dokter bilang gak masalah kok! Kecuali steaknya mengandung beling, terus gue makan durennya dicelupin ke formalin. Yaaa siapa juga yg mau makan begituan. Emang gue atlit debus makanin beling?

Lain ibu, lain lagi temen-temen gue. Temen-temen gue itu suka over protektif soal makanan ke gue. Gue lagi makan pecel, dicekin ada pewarnanya nggak. Siapa tau pecelnya warna merah-kuning-ijo khas lesehan lampu merah. Tukang masaknya juga ditanyain, “Ini masaknya pake penyedap rasa gak, mas? Ah, masa?? Ciyus? Miapah? Hihihi, bagi nomer hape dong mas”. Kalo yg rada frontal, “Jangan bohong! Dimacem-macemin gak pecelnya? Temen saya lagi sakit soalnya. Kalo gitu buat jaminan situ sumpah pocong sekarang dan sumpah dibawah Al Qur’an. Bahwa anda tidak menggunakan zat berbahaya dalam memasak pecel. Anda akan dihukum berat kalau terbukti melanggar undang-undang tentang konsumen! Semuanya, Al Faaatehah!”.

Gue makan es krim pun, diliatin itu es krimnya dibekuin atau dibakar dulu baru dibekuin. Iya sih mereka cuma khawatir gue kenapa-napa tapi ...nggak segitunya juga T_T. Gue ini kan udah gede. Bisa bedain mana yg boleh dan gak boleh gue makan. Mereka cukup ngingetin kalo gue khilaf aja. Contohnya makan ayam dua porsi. Bukan karena habis makan ayam dua porsi itu terus ntar gue kenapa-napa, tapi dompet gue yg bakal kenapa-napa karena isinya gak seberapa buat bayar ayam dua porsi.

Walaupun suka over protektif, gue bersyukur sampe saat ini mereka gak pernah mau repot-repot meriksain segala yg mau gue makan sampe ke tingkat laboratorium. Khususnya laboratorium matematika. Bukannya ketemu MSG atau pengawet malah ketemu x yg nilainya tidak sama dengan y dimana bentuk persamaan umum lingkaran adalah: x2 + y2 + Ax + By + C = 0.

Pernah waktu itu gue ke Tegal bareng Ossa, Nanik, sama Uke. Pas nyampe di tempat makan, mendadak gue lemes dan agak pusing. Gue memang belum sarapan hari itu dan gue baru selesai kemo dua hari lalu. Karena merasa gak enak, gue buru-buru pesen makanan. Kebetulan disitu cuma sisa nugget dan mie. Pas gue pesen mie, Nanik yg cerewet langsung nyerobot, “JANGAN! Kamu gak boleh makan itu!”, lalu dia ngerebut buku menu dari gue. “Nugget aja deh nugget”, Ossa nyumbang suara. “Hee, emang mper boleh makan itu?”, samber Uke nyolot.

“Aduh, buruan. Laper”, gue memelas sambil megangin perut. Gue udah keringet dingin tapi mereka bertiga masih aja debat gue mau dikasih makan apa. Kalo buat gue sih ya, toh namanya darurat, gak ada makanan lain ya terpaksa itu dulu kan gak papa. Yang penting perut diisi. Tapi karena over protektif tadi dan gak mau gue melanggar pantangan mereka jadi kelamaan ngambil keputusan apakah gue akan dikasih makan ban serep mobilnya Ossa, atau makan makanan yg ada disitu. Gue pun pingsan dengan kepala tiduran di meja.

Gue gak inget apa-apa lagi disitu. Pas gue bangun gue tengah digendong orang yg punya kafe. Didepan gue Ossa lari-lari ke mobil buru-buru nyalain mesin, sementara di samping gue Nanik sama Uke ikutan lari bawa makanan yg dibungkus dan tas gue. Sejenak, gue ngerasa jadi peserta lomba lari. Bedanya, gue peserta yg K.O. duluan dan sedang digotong tim medis. Untungnya kita pake mobil. Gak kebayang kalo kita kesitu tadi naik motor. Mungkin gue udah dibecakin dari Tegal sampe rumah dengan mamang becak yg tepar karena betisnya sebelas dua belas sama kaki gajah Afrika.

Well, segala yg over termasuk over protektif emang gak baik. Maksud hati pengen gue gak kenapa-napa, tapi jadinya malah kenapa-napa. Salah gue juga sih gak sarapan, salah gue juga salah milih tempat makan. Intinya gini sih, sebisa mungkin gue menghindari MSG, pengawet, pewarna, dan bakaran. Kalo dengan sangat-sangat terpaksa adanya cuma itu ya apa boleh buat selama gak sering-sering. Simpel kan? Gausah dibikin pusing. Karena kebanyakan pada mikirnya, kalo adanya tinggal itu ya berarti gue gak usah makan. Pffft~ enak aja! Babi hutan aja butuh makan, apalagi gue.


 Buat lo semua yg alhamdulillah wa syukurilah dalam keadaan sehat, gue mohon banget pola makannya dijaga terus rajin olahraga. Kalo tipe makanan lo kebanyakan mie, burger, gorengan, bakaran, yg agak gak sehat gitu deh pokoknya, lo harus imbangin dengan banyak minum air putih, jus dan sayur buat anti oksidannya. Gue ngomong gini karena gue care sama lo semua. Gak peduli yg lagi baca apakah musuh buyut gue atau bukan. GUE GAK MAU DAN JANGAN SAMPE beberapa tahun lagi gantian gue yg jengukin lo satu persatu.

Dan jangan pernah berpikir, “Ah, gue jarang sakit ini kok! Daya tahan tubuh gue kan kuat”. Justru yg jarang banget sakit harus lebih hati-hati. Liat Keke. Liat gue. Kita berdua hampir gak pernah sakit. Banter-banter pilek. Sekalinya sakit, kanker. Dan kata mereka saat denger gue kanker adalah, “Masa sih Ferina kanker? Perasaan dia anaknya aktif deh. Periang. Sehat-sehat aja! Dia kan jarang banget sakit”.

Gue gak ada niat nakut-nakutin. Gue cuma pengen ngingetin, dunia bener-bener berputar. Hari ini lo sehat, bisa jadi besok lo sakit. Lo gak bisa menghentikan perputaran roda kehidupan, TAPI lo bisa memperkecil kemungkinannya dengan pola hidup sehat. Kalo lo cerdas, lo bisa ambil pelajaran dari apa yg gue alami. Jangan sampe lo benturin diri lo sendiri. Sakit dulu baru bilang, “Oh iya yah! Gini rasanya kanker”. Telaaat! Gue juga bego gak ngambil pelajaran dari orang yg kena kanker sewaktu gue sehat. Dan gue nyesel. Tapi gak papa, biar gue jadi contoh bagi orang sehat agar lo semua gak mengulangi kesalahan gue.

Anyway, ada loh temen gue yg gue bilangin malah blak-blakan bilang, “Lah bodo amat deh makanannya mau sehat mau enggak. Yg penting enak, doyan terus aku suka. Lagian males olahraga. Gak sempet”. Well, mungkin warisan dia banyak jadi kalo kena kanker dia langsung cabut ke Singapur atau Amerika terus sembuh. Gak kayak gue, warisan cuma sepetak kebun terong. Buat ndapetin kata ‘sehat’ aja empot-empotan banget. Buat yg menganggap angin lalu kata-kata ‘sehat itu mahal’, mending mulai sekarang jangan lagi dianggep angin lalu. Karena sehat itu ... BENER-BENER MAHHHHHHAAALLLLL!! Akan jauh lebih baik lo mencegah daripada mengobati. Jadi yg warisannya banyak, anak cucu ntar kebagian. Yang pas-pasan, lo gak perlu utang sana sini buat berobat. 

Salam kuliner!

0 komentar:

Post a Comment

 

Life Afterlife Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos