Sunday, June 9, 2013

My Fear Factor

Diposkan oleh Ferina Aquila di 6:00 AM
Reaksi: 

Setiap orang pasti punya hal yg ditakuti. Entah itu takut masuk neraka, takut mati, takut sama genderuwo, takut karena fobia atau pun takut kehilangan. Bicara soal takut, apa sih yg jadi ketakutan kalian selama ini? Takut sama Tuhan, sama orang tua sih itu udah pasti.


Dulu waktu gue sehat, ketakutan gue itu sempit aja: gue fobia hewan melata. Mau cacing kek, ular, ulet bulu, uget-uget, tikus ngesot, gue takut setakut-takutnya! Bahkan ngeliat fotonya di buku biologi aja gue gak berani. Gue tutupin kalo lagi belajar. Untungnya kalo lagi nerangin bagian-bagian tubuh cacing gitu bukunya pake ilustrasi jadi gue gak papa. 

Sekarang setelah gue sakit, ketakutan gue pun berubah. Jadi lebih kompleks. Gue masih Ferina yg fobia hewan melata, tapi ada hal-hal lain yg gue takutin. Banyak hal malah. Salah satunya takut ke rumah sakit. Kebanyakan perasaan takut ini karena faktor film atau novel tentang kanker yg gue tonton/baca yg entah beneran apa didramatisir jadi gue punya bayangan mengerikan soal pengobatan kanker secara medis. Contohnya aja kemaren pas radiasi yg bayangan gue panas kayak dipanggang. Terus waktu kemo dan tangan gue udah gak bisa ditembus jarum infus, gue panik bakal di kemo lewat selang hidung. Alhamdulillah sih itu gak terjadi sama gue karena akhirnya gue pake kateter jantung. Meskipun seringnya yg gue khawatirin gak kejadian, tapi tetep aja siapa tau. Buat jaga-jaga. Antisipasi kan lebih baik. Mending bayangin yg serem-serem terus kenyataannya enggak daripada bayangin yg enak gak taunya gore. Dan kali ini ketakutan gue disponsori sama film “Habibie & Ainun” :(.

Jadi, belakangan ini kadang gue ngerasa dada gue sesek. Nafas gue ngos-ngosan kayak habis ngayuh becak jurusan Anyer-Panarukan padahal realitanya gue cuma jalan LIMA METER! Lima meter sodara-sodara dan itu cukup bikin nafas gue Senen Kemis gak beraturan ... Gue nggak tau apakah kankernya nyebar ke paru-paru lagi atau gue kecapean aja. Semoga bukan kemungkinan yg pertama karena jujur gue mulai TAKUT! Gue takut nanti gue susah nafas pake hidung terus gue dipakein selang mulut kayak adegannya BCL sekarat. Terus jangan-jangan karena mulut gue dipasang alat bantu pernafasan, makannya lewat selang hidung!!! Huaaaaa >< pasti sakit banget :’( dunia gue bener-bener udah jungkir balik. Nafas pake mulut, makan lewat idung. Mungkin bentar lagi gue cebok pake kaki.

Anyway, film dan novel bukan satu-satunya penyumbang rasa takut gue. Gue pernah mimpi buruk soal penyakit ini dan ada dua yg paling melekat di ingatan gue karena gue rasa mimpi ini punya meaning yg dalem sekaligus membawa ketakutan bagi gue dibaliknya.


Yg pertama sebelum gue tau gue kena Kanker Jaringan Lunak. Disitu gue mimpi lagi nonton TV dan tiba-tiba dari belakang ada yg ngrangkul gue. Pas gue nengok ternyata gue ngeliat diri gue yg ‘lain’ tapi muka gue disitu ada benjolan gede kayak di film SKUT. Waktu gue masih kaget gak bisa ngomong apa-apa tiba-tiba ada dua orang bersayap mirip malaikat yg ngebawa terbang diri gue yg ‘lain’ itu. Gue ngejar mau narik dia tapi dia teriak, “jangan takut! Jangan takut. Nanti kita ketemu di surgaaa”. Lepas denger suara itu gue kebangun. Gue bingung dan gue nangis. Gue merasa takut dan ternyata mimpi itu jadi jawaban yg waktu itu gue cari, bahwa gue tengah sakit Kanker Jaringan Lunak seperti yg ada di film SKUT. Tapi soal ‘kita-ketemu-di-surga’ itu masih jadi tanda tanya buat gue. Maksud gue, siapa yg nanti gue temui kalo gue di surga? Bahkan, gue merasa gue gak akan masuk surga. Gue merasa gak pantes jadi gue berusaha ngelupain bagian terakhir mimpi itu.

Mimpi yg kedua kejadian pas gue opnam karena gue drop gara-gara kemo tambahan 2 paket. Disitu gue mimpi gue habis acara class meeting dan mau tanding karate, tapi tiba-tiba badan gue lemes selemes karet gelang yg diputus. Gue bener-bener kayak mau pingsan tapi adek gue Aby ngangkat gue dan bilang, “mba Rina kuat. Mba Rina bisa! Ayo, mbak”. Sementara mata gue hampir gelap gak bisa melihat jelas. Apa yg gue lihat jadi samar-samar. Sampai dirumah, ibu bapak bantuin gendong gue dan mereka terus meneriaki gue dengan kata-kata gue-pasti-bisa-menang-tanding-karate tapi disitu badan gue bener-bener lemes. Akhirnya gue cuma bilang, “mba gak kuat” sebelum mata gue terpejam. Setelah itu gue kebangun. Gue nangis lagi dan pagi itu gue cerita ke ibu yg juga ikut nangis.

Sama seperti kebanyakan orang, gue pun takut mati. Bukan perkara surga dan neraka. Gue takut gue merasa sendirian. Apa yg nanti bakal gue hadapi lagi? Gimana kalo gue kangen sama ibu, bapak, orang-orang yg pernah bikin gue ketawa dan nangis di dunia?


Banyak yg bilang gue kuat. Meskipun begitu, sama seperti yg lainnya, kadang gue merasa takut. Butuh perlindungan. Karena apa yg gue alami, yg gue hadapi, gak banyak orang yg tau rasanya. Tapi akhirnya disinilah gue, mengalahkan sedikit demi sedikit rasa takut gue untuk terus hidup. Itu semua berkat bantuan keluarga gue, temen-temen gue dan kalian semua yg nyemangatin gue. Klise, tapi tanpa itu semua, gue akan jadi orang yg cepat menyerah pada ketakutan. Thanks ya :) *peluk satu-satu*

Oh, iya! Gue barusan dikirimin foto sama adek kelas gue Elydazia Aprilian. Keren! Hahaha, makasih banyak ya :” God bless you, El <3

from Ely :3

0 komentar:

Post a Comment

 

Life Afterlife Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos